ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MKDU




Di Susun Oleh : Monthiana Augustin (1KA24)
(14116523)   
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA 2016 




BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
ISD atau singkatan dari Ilmu Sosial Dasar adalah suatu ilmu yang mengkaji masalah-masalah sosial yang berada di tengah masyarakat yang berasal dari berbagai bidang. Kita pada dasarnya terlahir sebagai makhluk social yang di tuntut untuk terus bersosialisasi kepada lingkungan sekitar. Peran Ilmu Sosial Dasar (ISD) pada kita selaku mahasiswa sangat amat penting. Kita di wajibkan untuk mempelajarinya karena dengan mempelajari ISD kita akan mendapatkan banyak manfaat baik secara individu maupun berkelompok. Maka dari itu pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan peran ISD pada MKDU atau Mata Kuliah Dasar Umum.

Tujuan
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan tertentu, ISD di harapkan agar bersikap atau berperilaku sebagai berikut :
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.





 BAB II
PEMBAHASAN


A. Ilmu Sosial Dasar sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

1. Pengertian

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuaan yang menyelidiki masalah-masalah sosial, Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran. Mata kuliah ilmu sosial dasar didapat pada perguruan tinggi tujuannya untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga lebih peka terhadapnya.


2. Manfaat mempelajari Ilmu Sosial Dasar

Adapun manfaat yang kita dapat dari mempelajari ISD selaku mahasiswa, antara lain :
• Mahasiswa lebih menyadari dan memahami gejala-gejala sosial yang ada di dalam masyarakat.
• Mahasiswa menjadi lebih kritis, peka, dan tanggap terhadap gejala-gejala yang timbul di dalam masyarakat.
• Mahasiswa lebih mengenal satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat.
• Mahasiswa dapat saling berinteraksi

3. Penggolongan Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan dapat di golongkan menjadi 3 kelompok, diantaranya

1. Ilmu Alamiah (naturan sciences )
2. Ilmu Sosial ( social Sciences)
3. Pengetahuan Budaya (The Humanities)

IPS atau Ilmu pengetahuan social menjadi salah satu contoh dari Ilmu Sosial atau Social Sciences.

Lalu apa bedanya IPS dengan ISD?

Sering kita bertanya-tanya apakah ISD dengan IPS itu sama? Meski saling berkaitan satu sama lain, ISD dan IPS tidak hanya memiliki persamaan namun juga memilki perbedaan, di antaranya :

- Persamaan 
 a. sebagai salah satu pembelajaran untuk mahasiswa
b. bukan ilmu yang muncul sendiri
c. mempunyai konflik sosial dan pemecahanya

- perbedaan
a. ilmu sosial dasar diberikan pada mahasiswa
b. ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal
c. ilmu sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap.


 4. Masalah Sosial

Masalah, jika mendengar kata tersebut pasti kita semua setuju untuk tidak menyukai hal satu ini. Ya, siapa yang suka pada masalah. Namun pada dasarnya kita terlahir untuk menghadapi masalah dalam hidup kita agar kita dapat menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu kita harus cermat dalam mengatasi masalah yang kita alami dengan cara mempelajari sikap dan hal-hal apa saja yang harus di lakukan jika menghadapi suatu masalah, terutama masalah sosial. Karena masalah sosial sangat identik dengan norma dan tata karma atau sopan santun. Maka dari itu disinilah Peran ISD sebagai salah satu MKDU untuk membimbing mahasiswa agar dapat menangani masalahnya sesuai dengan norma dan sopan santun terhadap sesama.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Ilmu Sosial Dasar sangat penting bagi para mahasiswa agar bisa terus bersosialisasi dan memecahkan masalah dengan bijak dan tepat. Karena kita semua adalah orang terpelajar, sudah sepatutnya kita juga terpelajar dalam hal sikap , tata bahasa, sopan santun, dan sebagainya. Bukan hanya akal dan pengetahuan yang bertambah. Jiwa sosial dan keperdulian kita akan lingkungan sekitar kita pun juga harus bertambah.


Sumber : file:///C:/Users/USER/Downloads/Materi%20ISD.pdf 
               http://dimasadryantosetiawan.blogspot.co.id/2015/10/isd-sebagai-salah-satu-mkdu-ruang.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer