ANALISA INOVASI BCI (Brain Computer Interface )

INOVASI SISTEM INFORMASI DAN NEW TEKNOLOGI
ANALISA PRODUK INOVASI MASA KINI PADA BIDANG KESEHATAN


Disusun oleh :

Adhityo Setio
Daniel Evert William
Monthiana Augustin



===============================================================================================


Latar Belakang


        Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, Perkembangan nya meliputi system software, hardware, komunikasi , dst. perkembangan system informasi  manajemen pun ikut berkembang.
Semuanya pun tidak lepas dari peran manusia sebagai operator yang menjalankan dan mengendalikan mesin. Selain itu modernisasi juga semakin berpengaruh signifikan terhadap globalisasi. Kompleksitas yang terjadi di dunia menuntut masyarakat untuk tidak berpikir secara linier, namun secara divergen. Perkembangan zaman menuntut masyarakat untuk terus mengembangkan kreativitas, terutama pada generasi muda.
Begitu juga dalam bidang kesehatan, banyak inovasi – inovasi yang di buat pada bidang kesehatan antara lain Brain Computer Interface (BCI) , Layanan E-Health , Teknologi Antikanker ECVT dan ECCT, dsb.




==========================================================================================


BAHASAN


Brain Computer Interface (BCI)


Brain Computer Interface atau BCI adalah pengendali robot tangan untuk membantu penderita penyakit stroke yang tidak mampu menggerakkan anggota badannya. Alat yang menggabungkan teknologi dengan kesehatan ini diciptakan oleh 3 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka mencoba merancang alat ini sesederhana mungkin supaya bisa digunakan oleh penderita stroke.
Sistem Brain Computer Interface (BCI) adalah sistem yang memungkinkan manusia untuk memanfaatkan sinyal yang dibangkitkan oleh otak untuk mengirim perintah ke komputer atau mesin. Tujuan sistem ini adalah untuk membantu manusia yang memiliki kelainan fisiologi atau cacat fisik yang berhubungan dengan sistem saraf motorik.  Dengan kata lain, teknologi BCI merupakan teknik pengendalian suatu perangkat dengan menggunakan pikiran.
Alat tersebut bekerja dengan memanfaatkan sinyal yang dibangkitkan oleh otak, untuk mengirim perintah ke komputer atau mesin lain. Tujuannya, untuk membantu orang-orang yang memiliki kelainan fisiologi atau cacat fisik, yang berhubungan dengan sistem saraf motorik. Jadi, secara keseluruhan teknologi BCI ini adalah teknik pengendalian suatu perangkat dengan menggunakan pikiran.
Dalam dunia kesehatan, alat ini sudah digunakan sebagai sarana komunikasi bagi penderita lumpuh total dan rehabilitasi. Salah satu sistem di dalam BCI ini terdiri dari pengukuran sinyal otak. Kemudian, dilakukan sistem pengolahan sinyal otak untuk mendeteksi pola-pola unik yang diterjemahkan menjadi perintah, seperti pola otak saat rileks.
Alat ini berbentuk seperti tangan manusia yang dapat bergerak dengan bantuan aplikasi BCI2000, tentu saja dengan pikiran penggunanya. Pembentukan robot tangan sederhana ini ditujukan untuk penderita penyakit stroke agar tetap dapat beraktivitas. Dalam penjelasannya, Ausi menambahkan bahwa robot tangan ini mampu bergerak seperti genggaman, menapak, dan menunjuk layaknya tangan manusia.




======================================================================================



ANALISA

Pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini Inovasi ini sangat lah bermanfaat, karna dilihat dari banyaknya  penderita stroke yang tidak dapat berkerja atau beraktivitas normal seperti biasanya BCI atau Brain Computer Interface sangat lah berguna untuk membantu para penderita stroke. Selain metode yang digunakan lumayan sederhana BCI juga merupakan salah satu karya anak bangsa yang patut untuk di kembangkan agar bisa lebih baik.
Namun BCI masih memiliki banyak kekurangan dalam pengoperasiannya, yaitu karena belum bisa bergerak secara tanggap sebelum adanya pelatihan khusus. Selain itu alat ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk dapat menjalankannya. Karna itu alat ini harus membutuhkan lebih banyak pelatihan dan pengembangan dalam setiap komponennya.




SUMBER

https://www.itb.ac.id/news/read/4402/home/brain-computing-penggunaan-gelombang-otak-dalam-teknologi-kesehatan

Komentar

Postingan Populer