PERKEMBANGAN DAN INOVASI ROBOT

INOVASI SISTEM INFORMASI DAN NEW TEKNOLOGI

Perkembangan system infomasi dan teknologi informasi terkait inovasi
(ROBOTASSISTEN RUMAH TANGGA)

Disusun oleh
Monthiana Augustin
14116523



Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, Perkembangan nya meliputi system software, hardware, komunikasi , dst. perkembangan system informasi  manajemen pun ikut berkembang.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok.dikarenakan perkembangan teknologi mempengaruhi model berkomunikasi massa untuk melakukan kegiatan hidup harian.
Semuanya pun tidak lepas dari peran manusia sebagai operator yang menjalankan dan mengendalikan mesin. Selain itu modernisasi juga semakin berpengaruh signifikan terhadap globalisasi. Kompleksitas yang terjadi di dunia menuntut masyarakat untuk tidak berpikir secara linier, namun secara divergen. Perkembangan zaman menuntut masyarakat untuk terus mengembangkan kreativitas, terutama pada generasi muda.
Salah satu teknologi yang di buat oleh manusia pada zaman sekarang yaitu Robot. Robot pada awalnya digunakan untuk mainan anak dan beberapa penampilan seni. Namun seiring perkembangan zaman robot tidak hanya di gunakan sebgai mainan atau atau alat seni melainkan bisa juga di gunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu contohnya yaitu Robot Asissten Rumah Tangga. Sesuai dengan namanya, robot ini di buat untuk membantu pekerjaan rumah tangga para pemiliknya.


==================================================================================

ROBOT


a.      Definisi

Beberapa ahli memiliki pendapat tentang robot, antara lain :
1.      Dalam kamus Meriam-Webster definisi robot adalah mesin yang terlihat seperti manusia dan melakukan berbagai tindakan yang kompleks dari manusia seperti berjalan atau berbicara, atau suatu peralatan yang bekerja secara otomatis.
2.      Robotic Institute of America merupakan institusi robot pada Universitas Carnegie Mellon pada tahun 1979 membuat definisi robot adalah manipulator multi fungsi dan dapat diprogram ulang yang dirancang untuk menggerakkan material, alat, atau perangkat khusus melalui sejumlah gerakan terprogram untuk melakukan aktifitas tertentu.








b.      Karakteristik Robot

Robot pada dasar nya memiliki 4 karakteristik utama. Karakteristik inilah yang membantu kita membedakan apakah suatu barang dapat dikatakan sebagai robot atau bukan. Karakteristik yang harus dimiliki oleh suatu robot antara lain :
1.      Memiliki Sensor
Sensor merupakan peralatan yang berguna untuk mengukur ataupun merasakan sesuatu pada lingkungan di luar robot, layaknya indera pada makhluk hidup, dan memberi laporan hasilnya kepada robot. Dengan adanya sensor, robot bisa memiliki suatu pertimbangan dalam mengambil keputusan. Contoh dari sensor adalah sensor cahaya untuk mendeteksi adanya cahaya dan sensor temperatur untuk mengukur suhu.
2.      Memiliki (Kontrol) Sistem Kecerdasan
Sistem kecerdasan bekerja dengan memproses data masukan berupa keadaan ataupun kejadian yang sedang terjadi dari luar lingkungan. Selanjutnya sistem menghasilkan keluaran berupa instruksi ataupun keputusan pada robot untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Sistem ini secara umum memiliki prinsip kerja seperti otak pada makhluk hidup, yang berfungsi untuk berpikir dan memutuskan tindakan apa yang perlu diambil pada suatu waktu tertentu.
3.      Memiliki (Aktuator) Peralatan Mekanik
Peralatan mekanik berfungsi untuk membuat robot dapat melakukan suatu tindakan tertentu dan berinteraksi dengan lingkungannya. Contohnya seperti adanya roda bermotor untuk bergerak, lengan untuk mengambil objek, dan lain-lain.
4.      Memiliki (Power) Sumber Daya
Seperti halnya makhluk hidup yang membutuhkan makanan untuk hidup, robot juga memerlukan sumber tenaga untuk menggerakkan komponen elektrik dan mekanika yang terpasang. Sumber energi pada robot mencakup penyedia tenaga listrik seperti baterai, dan sistem pengatur transmisi yang bertugas mengonversi tenaga listrik sesuai kebutuhan setiap komponen.





c.      Inovasi

Robot Assisten Rumah Tangga





Robot ini dikonsep sebagai seorang asisten dari pemilik rumah dan bisa diperintah sang pemilik. Antara lain, untuk menyalakan AC atau menjalankan mesin cuci.
Pada ajang LG Innovation Festival Asia 2017 yang di laksana kan  di Pulau Jeju, Korea Selatan, LG menambah perangkat IoT (Internet of Things) untuk rumah modern, salah satunya Robot Hub.
Pada layar robot hub dapat mengeluarkan mimic muka senang, sedih maupun kecewa, selain itu layar Robot hub juga dapat menampilkan isi kulkas dan resep makanan melalui suara dan gambar.
Selain mengerjakan pekerjaan rumah Robot Hub juga dapat menghibur dan memberikan fiftur-fitur penting lainnya kepada sang pemilik dengan memutar musik, menyetel alarm, mengingatkan memo, serta menyampaikan kondisi cuaca dan lalu lintas terbaru, melacak aktivitas di dalam rumah, menjaga rumah pada saat anggota keluarga pergi atau tidur.
Selain itu robot ini juga dapat membedakan wajah anggota keluarga dengan kamera yang memungkinkan untuk menyampaikan salam yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga.
“Robot Hub adalah robot pintar yang bisa terkoneksi dengan peralatan rumah tangga. Misalnya, dengan kulkas InstaView Door-in-Door. Selain itu juga dengan vacuum cleaner Cord Zero yang bisa bergerak sendiri membersihkan ruangan. “ ujar Eugene Yoo selaku Direktur Cloun Center LG.
KESIMPULAN

Zaman era globalisasi seperti ini Robot merupakan inovasi yang tepat dalam membantu beberapa pekerjaan manusia, terutama pekerjaan yang membutuhkan tenaga yang besar dan memakan waktu yang banyak. Robot sangat efektif dalam membantu pekerjaan karena robot dapat di program sesuai dengan pekerjaan yang harus dia lakukan. 
Selain itu, robot juga dapat mengerjakan tugas dengan kecepatan yang lebih dari pada manusia, serta robot juga memiliki kemampuan mengingat berbagai macam jenis  perintah sesuai apa yang telah di program oleh programmer. 
Namun selain memiliki kelebihan yang banyak robot juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :
1. Membutuhkan biaya yang besar
2. Harus memiliki ketrampilan khusus untuk memprogramnya
3. Berkurangnya tenaga manusia karna di gantikan oleh tenaga robot
Maka dari itu meskipun robot sudah dapat membantu banyak pekerjaan manusia tetapi tetap lebih baik jangan terlalu tergantung pada teknologi robot. karena, sebaik baiknya teknologi tetap saja itu buatan manusia yang hanya terbatas kemampuannya. Sedangkan manusia selalu memiliki kemampuan yang lebih dalam mengerjakan segala sesuatu.


DAFTAR PUSTAKA
http://tekno.kompas.com/read/2017/03/09/15330027/berkenalan.dengan.robot.asisten.rumah.tangga.lg

Komentar

Postingan Populer