RENCANA PEKERJAAN


SUSUNAN RENCANA KERJA

PROGRAMMER


DISUSUN OLEH :

MONTHIANA AUGUSTIN 
14116523



=================================================================================================


Saat ini sayang kuliah pada bidang computer yaitu jurusan SISTEM INFORMASI dimana ruang lingkup pekerjaan saya nantinya antara lain yaitu menganalisis suatu program, membuat suatu program, dan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan system dan juga computer.
Saat saya lulus kuliah nanti saya ingin menjadi seorang programmer dimana tugas saya yaitu membuat suatu program yang nantinya akan bisa di gunakan oleh orang lain. Sebelumnya mari kita cari tahu apa itu programmer dan apa tugas-tugas lainnya dari seorang programmer.




PROGRAMMER 



Programmer adalah orang yang bertugas membbuat suatu aplikasi dan program yang nantinya akan di perjual belikan atau ber kerjasama langsung pada suatu perusahaan untuk mempermudah suatu pekerjaan.

Programmer memiliki tugas utama yang seharusnya di lakukan, berikut beberapa Tugas dari seorang programmer antara lain :
1. Menganalisis dan menulis ulang suatu program dengan menggunakan diagram alur kerja
2. Merevisi atau revisi langsung program yang ada untuk meningkatkan efisiensi operasi atau beradaptasi dengan persyaratan baru.
3. Berkonsultasi dengan personil manajerial dan teknik dan teknis untuk memperjelas maksud Program, mengidentifikasi masalah, dan menyarankan perubahan.

Rencana Pekerjaan

Untuk menjadi seorang programmer atau orang yang berkerja pada bidang lain pastinya kita harus memiliki suatu rencana pekerjaan, dimana rencana tersebut berupa langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan untuk mengapai itu semua. Berikut rencana pekerjaan yang saya akan terapkan :


Memilih jurusan kuliah yang bersangkutan pada pekerjaan yang di inginkan
Mempelajari dan menekuni apa saja yang di pelajari pada jurusan tersebut
Kuasai  1 progam yang anda merasa paling anda bisa
Latih terus kemampuan anda untuk membuat coding atau program
Jika anda sudah lulus kuliah cobalah melamar pada perusahaan yang membutuhkan jasa anda
Lakukan apa saja yang telah anda pelajari selama di perkuliahan untuk menyelesaikan pekerjaan anda 




============================================================================================



Setelah mengetahui arti dan tugas dari programmer serta rencana pekerjaannya. pada kali ini saya di beri kesempatan untuk mewawancarai salah satu kaka saya yang merupakan seorang programmer, 

WAWANCARA 

Pada kesempatan kali ini saya akan mewawancarai saudara Binsar John Rivai (26thn) lulusan Teknik Informatika dari salah satu pergunuan tinggi negri ternama ITB atau Institut Teknologi Bandung.
Beliau sekarang berkerja pada PT. Kreasi Anak Bangsa (Urbanindo) sebagai Project Manager/Scrum Master. Berikut pertanyaan-pertanyaan yang saya berikan seputar pekerjaan yang di tekuninya 


Saya : “Selamat siang ka, saya ingin bertanya beberapa hal tentang pekerjaan kaka apa di perbolehkan ?”

Ka Rivai : ”Tentu boleh, silahkan apa yang ingin di tanyakan?”

Saya : “Pertama-tama apa saja yang di lakukan dalam pekerjaan kaka selaku Scrum Master ?”

Ka Rivai : “ ada banyak yang saya lakukan, saya akan memberitahu beberapa di antaranya.. yang pertama itu Faciliating daily scrum, sprint planning, sprint demo, dan retrospective meeting.
Yang ke dua possesses conflict resolution, selanjutnya ada forecast the number of deliverables possible in an iteration, dan yang terakhir yaitu estimation and planning. “

Saya : “Pertanyaan berikutnya yaitu mengenai syarat apa saja agar bisa bekerja pada bidang tersebut”

Ka Rivai : “ Syarat nya juga banyak, antara lain harus tau konsep scrum, harus bisa jadi servant leader, harus tau teknikal kode, dan masih banyak lagi.”

Saya : “Selama kaka bekerja di bidang ini apa saja kesulitan yang di alami ?”

Ka Rivai : “Kesulitannya yaitu menyamakan konsep dengan divisi lain tentang cara kerja dan harus selalu belajar dan update tentang teknologi karena teknologi akan selalu berkembang.”

Saya : “Pertanyaan terakhir dari saya, adakah pelajaran yang kaka pelajari selama kuliah di terapkan pada pekerjaan kaka saat ini?”

Ka Rivai : “ Yang berguna karna saya Teknik Informatika yaitu Coding dan Rekayasa Perangkat Lunak.”

Saya : “Terimakasi banyak karna kaka dapat meluangkan waktu untuk menjawab beberapa
pertanyaan dari saya. semoga pengalaman kaka dalam pekerjaan ini dapat membantu kami yang ingin bekerja juga di bidang yang sama.”

Ka Rivai : “Iya sama-sama dengan senang hati.”

Komentar

Postingan Populer