MANFAAT TI DALAM MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI(MLSI)


Sebelum membahas nya langsung, ada baik terlebih dahulu mengetahui apa itu Teknologi Informasi dan manfaat-manfaatnya serta apa yang di maksud dengan Manajemen Layanan Sistem Informasi

1. PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi yaitu suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang berpusat pada pemikiran dan kebutuhan konsumen dalam layanan yang melibatkan teknologi informasi terhadap suatu organisasi atau bisnis perusahaan. Manajemen layanan sistem informasi sangat penting karena dibutuhkan oleh para perusahaan dalam beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan mencari strategi yang dapat mempengaruhi kehidupan dalam organisasi atau binis perusahaan. Melakukannya sangat mudah hanya dengan mengumpulkan berbagai macam informasi penting untuk memenuhi segala kebutuhan manusia.

2. MANFAAT

Adapun manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah sebagai berikut :
Meningkatkan akses data yang cepat tepat waktu dan akurat bagi para pemakainya.
-         Dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan kebutuhan bagi pelanggan
-      -   Dapat mengantisipasi dan memahami terhadap kendala yang melibatkan teknologi baru
-      -   Dengan adanya manajemen layanan sistem informasi dapat mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar



Teknologi Informasi.

Sebelum mengetahui manfaat teknologi informasi, kita harus mengetahui dampak perkembangan dari teknologi itu sendiri, di mana kita bisa melihatnya dari adanya peningkatan standar efisiensi kehidupan, baik itu dalam kehidupan individu, kelompok maupun kehidupan badan usaha. Kemajuan teknologi informasi tersebut bisa kita rasakan dari terbantunya kegiatan kita karena terbentuknya penghematan waktu, tenaga, biaya dan lain sebagainya sehingga terjadi pula lah peningkatan hasil dari jerih payah yang kita lakukan.


Secara umum, manfaat teknologi informasi antara lain :
  • Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
  • Terbukanya peluang bisnis yang baru,
  • Adanya peningkatan kualitas serta kuantitas pelayanan publik,
  • Adanya peningkatan layanan informasi jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
  • Terciptanya e-Learning sebagai salah satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
  • Terciptanya lapangan pekerjaan,
  • Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
  • Terdorongnya proses demokrasi dalam segala hal.
Manfaat teknologi informasi begitu luas, sehingga tidak bisa Paseban paparkan secara detil satu persatu, tetapi selain manfaat teknologi informasi secara umum terdapat beberapa manfaat teknologi informasi yang bisa kita rasakan dalam beberapa bidang seperti dalam bidang pendidikan baik untuk peserta didik maupun untuk penyelenggara pendidikan, juga dalam bidang pemerintahan, telecenter bagi masyarakat dan lain lain sebagainya.

Contoh MLSI :

Pada bidang pendidikan

EDMODO





Komentar

Postingan Populer