LAPORAN AKHIR COBOL 4

Cobol
Pada pertemuan kali ini kita akan membuat Laporan Akhir tentang perulangan pada Cobol dalam bentuk MATRIKS.
Hal pertama yang harus di lakukan yaitu membentuk struktur pada Cobol yang terdiri dari IDENTIFICATION DIVISION , ENVIRONMENT DIVISION , DATA DIVISION dan PROCEDURE DIVISION.
Pada data Division deklarasikan Variabel dengan Nilai –X Occurs 2 Times, Occurs disini berarti di ulang sehingga NILAI sebagai tipedata yang dapat diulang sebanyak 2kali dan Data I dan J sebagai data yang berdiri sendiri/independent dengan di tandai dengan 77. Setelah itu pada Working-storage dilakukan juga SCREEN SECTION yang terdiri dari CLS dan BLANK SCREEN dimana keduanya berfungsi untuk membersihkan layar seperti di bawah ini;

Selanjutnya kita akan memanggil ISI-DATA lalu di lakukan operasi perulangan dengan I dari 1 per 1 sampai I tidak lebih dari 2 , dan lanjut ke J dari 1 per 1 sampai J tidak lebih dari 2.
setelah itu tampilkan data yang telah diisikan pada TAMPILKAN-DATA  dengan operasi perulangannya lalu masuk lagi kedalam perintah perulangan dari I 1 per 1 sampai I tidak lebih 2  dan lanjut ke J dari 1 per 1 sampai J tidak lebih dari 2.
Berikutnya panggil ISI-DATA yang telah dibuat sebelumnya dan inputan telah disimpan.
(‘ ,  I , ‘ , ’ , J , ’ ) : hasil dari yang akan diinput sebagai  I(baris) dan J(kolom) yang akan menghasilkan ( I , J)
Lalu datanya di panggil pada TAMPILKAN-DATA dari data inputan pertama hingga perulangannya.
Berikut contoh Coding programnya :

OUTPUT

I > 2  
J > 2            J = 2 SPACE (Baris Baru)
I
J
Output untuk baris kolom dari ISI-DATA

1
1
(01 , 01)
J = 1 dan I = 1 maka hasil output yang di hasilkan I sebagai baris dan J sebagai kolom. Dan di tulis dengan (baris,kolom)

2
(01 , 02)
J = 1 dan I = 2 maka hasil output yang di hasilkan I sebagai baris dan J sebagai kolom. Dan di tulis dengan (baris,kolom)

3
Nilai J tidak bisa lebih dari 2 dan akan masuk kedalam I berikutnya

2
1
(02 , 01)
J = 2 dan I = 1 maka hasil output yang di hasilkan I sebagai baris dan J sebagai kolom. Dan di tulis dengan (baris,kolom)

2
(02 , 02)
J = 1 dan I = 2 maka hasil output yang di hasilkan I sebagai baris dan J sebagai kolom. Dan di tulis dengan (baris,kolom)


I dan J menentukan letak dari bilangan pada Elemen Matriks, seperti pada Output program yang saya buat angka 5 berada pada (01,01) dimana berarti 5 berada pada baris 1 dan kolom 1, Dan seterusnya.

Komentar

Postingan Populer