LAPORAN AKHIR LATEX

LATEX

Kali ini kita akan membuat sebuah pembukaan suatu tulisan atau buku yang terdiri dari Judul Buku , Nama Author, Serta Daftar isi, dan untuk mempermudah pembuatannya kita menggunakan aplikasi LATEX.
LATEX adalah bahasa Markup atau sistem persiapan pembuatan dokumen untuk pengetikan sistem Text.

Pertama- tama kita akan membuat tampilan awal dalam bentuk Paper A4 dan berbentuk tipe Article yang berisi Title artikel (\title) , Nama Penulis Artikel (\author) dan waktu saat penulisan (\date)(\today = untuk otomatis di sesuaikan dengan data tanggal dan jam pada komputer).
Selanjutnya mulai masukan data dengan printah (\begin){document} untuk memulai.


Selanjutnya kita masukan data-data antara lain, BAB yang terdiri dari SUBBAB dengan menggunakan printah (\section) untuk membuat BAB dan (\subsection) untuk membuat SubBab.



Selanjutnya buat lembar baru dengan (\newpage) dan isi data berupa perintah-perintah penggunaan Italic,bold,underline,rata kiri, rata kanan, dan rata tengah dengan perintah masing-masing sebagai berikut : (\textbf) untuk menebalkan Text, (\textit)untuk membuat miring Text,dan  (\underline) untuk membuat Text dalam kondisi bergaris bawah, Rata Kiri(\flushleft) , Kanan(\flushright) dan Tengah (\center).
Jika semua sudah selesai jangan lupa gunakan (\end{document}) untuk menandakan bahwa data telah selesai di input dan dapat di tampilkan.








Berikut tampilannya jika sudah di run : 



Komentar

Postingan Populer